Perkembangan ekonomi masyarakat saat ini meningkat dengan pesat, salah satunya masyarakat Kabupaten Banyuwangi. Terbukti dengan banyaknya pelaku usaha yang bermunculan untuk menghasilkan barang dan jasa atau produk sejenis yang memiliki keunggulan tertentu serta adanya perkembangan baru di bidang teknologi komunikasi dan informasi seperti adanya jaringan internet, e-mail, market place dan lain-lain, menjadikan masyarakat lebih aktif dalam menentukan dan memutuskan kebutuhannya. Para pelaku usaha berlomba-lomba menerapkan berbagai strategi pemasaran untuk memanfaatkan peluang pasar, dengan menawarkan produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Berdasarkan informasi tersebut, konsumen membuat berbagai pilihan dan memutuskan untuk membeli, karena produk dan harga merupakan hal yang sangat menentukan perilaku konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh produk dan harga terhadap keputusan pembelian gula semut di CV. Latanza Banyuwangi. Sampel dipilih dengan menggunakan simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 30 responden. Pengujian dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa produk dan harga secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Harga merupakan faktor terpenting yang mempengaruhi keputusan pembelian, karena sebelum melakukan keputusan pembelian konsumen akan mempertimbangkan harga terlebih dahulu dengan manfaat yang diterima.
Copyrights © 2023