ABSTRAK Penelitian bertujuan mengidentifikasi keputusan pembelian, juga menganalisis sikap dan preferensi konsumen terhadap kopi arabika gayo. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui survei google form. Responden yang berpartisipasi sebanyak 223 orang. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, analisis multiatribut fishbein, dan analisis conjoint. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa proses pengambilan keputusan konsumen melalui lima tahapan keputusan dan hasil perbandingan antara tiga varian kopi arabika yaitu kopi arabika gayo, kopi sidikalang, dan kopi mandheling (lintong). Sikap konsumen terhadap kopi arabika gayo lebih positif sebesar 170,16 poin. Kopi arabika gayo memiliki keunggulan pada atribut rasa, aroma, ketersediaan produk, aftertaste, dan informasi produk. Hal ini didukung dengan hasil preferensi konsumen pada tingkat kepentingan atribut, atribut rasa memiliki tingkat kepentingan atribut tertinggi pada produk kopi arabika gayo sebesar 30,79 persen. Konsumen juga lebih menyukai kopi arabika gayo yang memiliki rasa manis, aftertaste lengket, aroma yang menyengat, kekentalan yang ringan dan harga Rp 35.000/250g. Produsen harus melakukan perbaikan pada produk yang belum sesuai harapan konsumen, juga meningkatkan dan mempertahankan produk yang sudah memenuhi harapan konsumen. Kata kunci: conjoint, fishbein, kopi arabika gayo, preferensi, sikap
Copyrights © 2024