Pendidikan berbasis religius dalam perspektif pendidikan Islam adalah lembaga pendidikan yang pendirian dan penyelenggaraannya didorong oleh hasrat untuk mengejewantahkan nilai-nilai Islami. Nilai-nilai Islami tersebut menjadi basis dalam menyelenggarakan pendidikan Islam baik dari segi input, process, output maupun outcome. Salah satu unsur penting dalam mewujudkan nilai-nilai Islami tersebut dalam seluruh komponen pendidikan di madrasah adalah Kepala Madrasah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus dengan menempatkan MA NW Hikamtusysyarif sebagai kasus. Penelitian ini menunjukkan bahwa model kepemimpinan instruksional transformasional dengan whole school development approach, berhasil diaktualisasi dalam pengembangan pendidikan berbasis religius terwujud dalam nilai-nilai rabbaniyyah yang terdiri dari nilai ikhlas, tawakkal, sabar, syukur sebagai manifestasi nilai mathi (ketaatan vertikal) dan nilai-nilai insaniyyah yang terwujud dalam nilai kesederhanaan, kebersamaan, ijtihad, tawadluâ, shilaturrahim, istiqamah dan sabar sebagai manifestasi nilai mathiâ (ketaatan sosial). Nilai-nilai tersebut terwujud dalam aktivitas-aktivitas religius dan simbol-simbol islami. Penerapan whole school development approach yaitu pengintegrasian unsur-unsur internal sistem pendidikan madrasah dengan unsur eksternal seperti orang tua, masyarakat, para ahli ataupun lembaga pendidikan lainnya melalui partnership atau colaboration.Education based on religiosity in Islamic education perspective is education institution which its establishment and its implementation are driven by desire to institutionalize Islamic values. Islamic values become the basis in carrying out Islamic education either on its input, process, output or outcome. One of the most important things in institutionalizing all those Islamic values into all education components in Madrassa is Headmaster. This research applies is qualitative studies in which put MA NW Hikmatusysyarief as an object of case study. This research shows that instructional â transformational leadership with whole school development approach is successfully implemented in developing education based on religiosity. It is incarnated in rabbaniyah values; sincerity, resignation, patient, and thankful. These values become manifestation of mathi (vertical obedience) and insaniyyah values embodied in simplicity, togetherness, ijtihad, tawadhu, shilaturrahim, istiqamah, and patient as a manifestation of mathiâ (social obedience). These values are materialized in religious activity and Islamic symbols. The implementation of whole school development approach is an integration of internal elements of Madrassa education system with external elements;parents, society, pundits and other education institution through partnership or collaboration.Kata Kunci: kepemimpinan transformasional, instruksional, pendidikan Islam, WSD
Copyrights © 2015