JURNAL PENELITIAN KEISLAMAN
Vol 11, No 2 (2015): (Juli)

MANAJEMEN PENDIDIKAN LIFE SKILL UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL QARNAIN JEMBER

Mukni’ah, Mukni’ah ( Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2015

Abstract

Memperkuatdirinya sebagai lembaga yang mandiri, kini pesantren melakukan pengembangan life skill bagi para santrinya. Bagaimana manajemen yang diterapkan merupakan aspek penting yang menjadi fokus studi ini. Beberapa unsur manajemen yang dijadikan fokus adalah penyususnan rencana dan desain pendidikan life skill, model pembelajaran life skill, dan evaluasi program pendidikan life skill. Melalui penelitian kualitatif, hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan rencana dan desain life skill di Pondok Pesantren Nurul Qarnain Jember dilaksanakan dengan menggunakan tiga perencanan: pertama melibatkan orang-orang yang berkompeten dan atau orang-orang yang dapat memembantu kelancaran pelaksanaan program pesantren; kedua menentukan program pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakat; danketiga, dalam menyelenggarakan pendidikan tersebut di atas didukung oleh sarana dan prasarana (fasilitas) yang memadai. Sedangkan model pembelajaran life skill dilaksanakan melalaui dua kegiatan: pertama kegiatan murni pondok pesantren yang meliputi aktifitas murni pondok pesantren meliputi sholat berjamaah, ngaji, sholat sunah dan aktiftas yang mencerminkan nilai life skill; dan kedua aktifitas ekstra pondok yang meluputi kegiatan agrobisnis, pertanian, menjahit, tenun, sulam, kopontren dan keterampilan elektro. Sedangkan pola model pembelajaran life skill menggunakan penedaktan klasikal dan non klasikal, dan evaluasi pendidikan life skill menggunakan model pengawasan langsung.Strengthening itself as an independent institution, boarding school nowadays develops life skill experiences for its students. How are management institutionalized is an important aspect in this study. Some elements which are made to be the focus of this study are the arrangement of plan and education design for life skill experience, life skill learning model, and evaluation of life skill learning. Through qualitative research this study reveals that plan arrangement and plan design of life skill experience in Nurul Qarnain Boarding School Jember are conducted through three planning; the first is engaging competent people and/ or people who are able to determine the success of Nurul Qarnain Boarding School Jember program; the second is determining education program based on the interest and the talent of the students; the lasts is in carrying out life skill education it is necessary to support it with a considerable facilities. Meanwhile model of life skill education is carrying out through Islamic boarding school activities such as prayers in the mosque, reading Al –Qur’an, and sunnah prayers and others activities which inscribed life skill experiences within; and the second is extra activity of the boarding school such as agribusiness, agriculture, sewing, weaving, embroidering, boarding school economic cooperation and electrical skills. While the pattern of life skill learning model is through applying classical and non classical approach, and the evaluation is through direct evaluation modelKata Kunci : manajemen, life skill, pondok pesantren, interpreunership

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

KEISLAMAN

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Penelitian KeIslaman adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M IAIN Mataram, terbit setahun dua ...