Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat Penggunaan Prinsip Manajemen Perkantoran Menurut Teori Komarudin pada Kantor Dinas Kesehatan Kota Sukabumi . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, dan dokumentasi. Jenis data yang dikumpulkan meliputi data primer dan sekunder, data primer merupakan data yang didapatkan melalui wawancara sedangkan data sekunder berupa dekumentasi yang berkaitan dengan kinerja pegawai. Setelah melalui proses penelitian dan penyajian serta analisis data dapat disimpulkan bahwa manajemen perkantoran yang terdiri dari 9 dimensi, kontrol pimpinan, tata ruang kantor, mesin dan perlengkapan kantor, kajian gerak dan waktu, sistem dan prosedur kantor, sistem manajemen arsip, hubungan kepegawaian, standar kualitas dan kuantitas pekerjaan kantor dan kesadaran kerja mendapatkan hasil penggunaan prinsip manajemen perkantoran modern pada Dinas Kesehatan Kota Sukabumi sudah diterapkan secara optimal namun masih ada kekurangan dalam pelaksanaan manajemen. Penggunaan teknologi informasi dalam mendukung pelayanan publik di Dinas Kesehatan Kota Sukabumi sudah cukup optimal.
Copyrights © 2024