Kantor pusat arsip sekertariat daerah pemerintah provinsi Sumatera Utara merupakan bagian dari sekretariat daerah pemerintah provinsi sumatera utara yang memiliki tanggung jawab atas aset organisasi, pengelolaan barang milik negara dan kearsipan. Dalam proses pengelolaan arsip, bagian pusat arsip menggunakan aset milik perusahaan yaitu dengan media komputer dalam kegiatan arsip surat. Namun dalam kegiatan pengarsipan surat tersebut belum berjalan dengan optimal karena masih ditemukannya beberapa kendala dalam proses pengarsipan surat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini termasuk sebagai penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yakni dengan melakukan penelitian langsung terhadap objek yang diteliti dengan tujuan untuk menemukan gambaran dan pejelasan terkait dengan apa yang diteliti. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa dalam proses pengarsipan karyawan mengalami kendala yaitu kurangnya komputer yang memadai untuk melakukan proses scanning dan kurangnya sumber daya manusia yang ada. Agar proses pelaksanaan arsip surat pada kantor pusat arsip pemerintah provinsi sumatera utara lebih terkordinir dengan baik, pihak perusahaan dapat mengatur sumber daya manusia pada kantor pusat bagian arsip untuk lebih meningkatkan kerja sama yang baik antara para karyawan bagian arsip. Serta dibutuhkan nya alat-alat dan fasilitas yang lebih menunjang dalam proses arsip agar kinerja antar karyawan dapat lebih maksimal dan lebih terkordinir dengan baik sehingga dapat mengurangi penumpukan surat.
Copyrights © 2024