Jasa transportasi online semakin meningkat karena mampu memudahkan masyarakat sebagai konsumen dalam mendapatkan pelayanan jasa transportasi yang dapat dijangkau secara online. Berkembangnya jasa transportasi online tersebut memang sangat bermanfaat bagi masyarakat di tengah permasalahan kurang memadainya transportasi umum. Disamping itu terdapat eksternalitas negatif yang dirasakan masyarakat seperti kemacetan, polusi udara, dan konflik sosial. Fenomena tersebut menjadi salah satu acuan dalam penelitian yang dilakukan penulis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis eksternalitas transportasi online bagi masyarakat di Kota Medan serta menganalisis faktor dominan yang akan menentukan eksternalitas yang dirasakan oleh masyarakat Kota Medan. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik penentuan sampel menggunakan strafied radom examining dengan sejumlah 125 orang responden pengguna layanan transportasi online. Penelitian ini menggunakan information groundwork dan sekunder. Skala pengukuran yang digunakan yaitu skala Likert, metode analisis statistik deskriptif Berdasarkan hasil pengolahan informasi kuesioner menunjukan kehadiran ojek online di Kota Medan memberikan eksternalitas positif bagi masyarakat.
Copyrights © 2024