Penelitian ini membahas salah satu tujuan utama pendidikan SMK, yaitu mempersiapkan peserta didik yang handal dan profesional untuk bekerja, namun banyak lulusan SMK yang masih kurang siap memasuki dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh simultan maupun parsial antara pengalaman praktik kerja industri, prestasi akademik, dan penguasaan softskill terhadap kesiapan bekerja pada siswa SMK di Jakarta Timur. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data meliputi analisis statistik deskriptif, analisis statistik regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengalaman praktik kerja industri, prestasi akademik, dan penguasaan softskill secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan bekerja. Secara parsial, pengalaman praktik kerja industri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan bekerja, sementara prestasi akademik berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kesiapan bekerja siswa dan penguasaan softskill berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan bekerja siswa.
Copyrights © 2024