Pemerintah meluncurkan sebuah beasiswa bernama KIP-K untuk membantu mendanai pendidikan mahasiswa Indonesia dari golongan yang kurang mampu. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik atau cara untuk menganalisis data dilakukan dengan deskriptif analitik yakni dengan mendeskripsikan data dukung suatu permasalahan sehingga dapat diketahui permasalahan dan rekomendasi pemecahan masalah yang sesuai dengan realitas. KIP-Kuliah merupakan program bantuan pendidikan untuk siswa/i lulusan SMA, SMK, dan sederajat yang memiliki keterbatasan ekonomi untuk dapat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi secara gratis. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh Program KIP – Kuliah terhadap peningkatan motivasi belajar mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika (2) Apakah ada pengaruh Program KIP-Kuliah terhadap peningkatan prestasi belajar mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika. Proses pelaksanaan program KIP-K berjalan dengan sebagaimana mestinya atau berjalan dengan sangat baik mulai dari awal program diusungkan bagi para calon penerimaan bantuan pendidikan tersebut hingga akhirnya lolos sebagai penerima bantuan tersebut, sesuai dengan hasil pertanyaan kedua yang mengatakan pemanfaatan dari program ini dinilai sangatlah berguna terutama bidang pendidikan dari kalangan masyarakat yang masih dikatakan kurang mampu dalam setiap pemenuhan kebutuhannya.
Copyrights © 2024