Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Vol. 2 No. 9 (2024): Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENENTUAN WILAYAH TUJUAN EKSPOR PRODUK UNGGULAN INDONESIA (KOMODITI NON MIGAS KODE HS 2 DIGIT)

Arif Yogi Saputra (Universitas Negeri Jakarta)
Saparuddin Mukhtar (Universitas Negeri Jakarta)
Sri Indah Nikensari (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan wilayah tujuan ekspor produk unggulan Indonesia komoditas non-migas serta kesulitan yang dihadapi oleh eksportir UMKM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi pada eksportir UMKM produk unggulan komoditas non-migas yang teridentifikasi dalam kode HS 2 digit. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor utama yang mempengaruhi penentuan wilayah tujuan ekspor produk unggulan non migas yang teridentifikasi dalam kode HS 2 digit, yaitu daya saing harga, permintaan pasar, dan kebijakan perdagangan. Selain itu, terdapat tiga kesulitan utama yang dihadapi oleh eksportir UMKM dalam menentukan wilayah tujuan ekspor, yaitu keterbatasan literasi informasi, keterbatasan sumber daya manusia, dan keterbatasan analisis data lapangan secara langsung. Penelitian ini memberikan implikasi bagi pemerintah dan eksportir UMKM untuk meningkatkan kinerja ekspor produk unggulan Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup yang luas. Tim redaksi menyambut baik seluruh masyarakat, ...