Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Vol. 3 No. 1 (2024): Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi

ANALISIS PENGARUH KEPUASAN DAN BRAND TRUST TERHADAP MINAT BELI ULANG PRODUK EMINA COSMETIC (Studi Pada Konsumen Emina Kosmetik di Kota Medan)

Siti Namira (Universitas Sumatera Utara)
Ainun Mardhiyah (Universitas Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2024

Abstract

Produk kosmetik ialah produk yang sangat cukup potensial diindonesia. Hal ini sangat terbukti dari dalam registrasi produk melalui BPOM yang kita ketahui bahwa komoditas kosmetik memiliki persentase tertinggi yaitu sebesar 55,27% atau sekitar 401.587 produk yang tercatat di registrasi BPOM berbeda dengan komoditas lain seperti makanan, obat-obatan, obat tradisional, dan suplemen makanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh kepuasan konsumen dan brand trust terhadap minat beli ulang produk Emina Kosmetik di Kota Medan. Pengaruh antar kepuasan konsumen dan brand trust tersebut akan dianalisis secra parsial dan secara simultan terhadap minat beli ulang. Bentuk penelitian yang digunakan untuk penelitian ini, yakni kuantitatif dengan pendekatan assosiatif. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik purposive sampling dan menggunakan 50 responden sebagai sampel. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan menyebarkan kuesioner melalui google form sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel kepuasan konsumen (X1) berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang, serta brandtrust (X2) berpengaruh signifikan dengan minat beli ulang. Variabel kepuasan konsumen dan brand trust secara simultan mempengaruhi minat beli ulang (Y).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup yang luas. Tim redaksi menyambut baik seluruh masyarakat, ...