Salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan di era Industri 4.0 adalah penggunaan perangkat lunak Computer Aided Design (CAD), yang memungkinkan pembuatan desain dua dimensi (2D) dan tiga dimensi (3D) dalam berbagai bidang industri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan CAD siswa SMK di Kabupaten Majene melalui program pelatihan. Dengan menggunakan metode kuasi-eksperimen dan desain pre-test serta post-test, pelatihan selama dua hari menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan siswa. Rata-rata nilai post-test meningkat dari 55 menjadi 75, dan jumlah siswa yang mendapat nilai lebih dari 70 meningkat dari 6 menjadi 18. Hasil ini konsisten dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa pelatihan CAD efektif dalam meningkatkan kompetensi siswa. Program ini diharapkan mampu mengatasi tantangan yang dihadapi oleh SMK, terutama dalam hal keterbatasan fasilitas dan tenaga pengajar yang terampil, serta meningkatkan kesiapan kerja lulusan SMK di Kabupaten Majene. Rekomendasi meliputi peningkatan fasilitas komputer, pelatihan berkelanjutan untuk guru, dan integrasi kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau pendidikan vokasional, berperan sangat penting dalam mempersiapkan lulusan yang siap kerja di dunia industri.
Copyrights © 2024