Jurnal Sipakatau
Volume 1 Issue 4 June 2024: Jurnal Sipakatau

PKM Pelatihan Aplikasi Computer Aided Design (CAD) Pada Siswa SMK di Kabupaten Majene

Moeh. Kay Muddin Asnur (Unknown)
Mohammad Junaedy Rahman (Unknown)
M. Reza Hasrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2024

Abstract

Salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan di era Industri 4.0 adalah penggunaan perangkat lunak Computer Aided Design (CAD), yang memungkinkan pembuatan desain dua dimensi (2D) dan tiga dimensi (3D) dalam berbagai bidang industri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan CAD siswa SMK di Kabupaten Majene melalui program pelatihan. Dengan menggunakan metode kuasi-eksperimen dan desain pre-test serta post-test, pelatihan selama dua hari menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan siswa. Rata-rata nilai post-test meningkat dari 55 menjadi 75, dan jumlah siswa yang mendapat nilai lebih dari 70 meningkat dari 6 menjadi 18. Hasil ini konsisten dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa pelatihan CAD efektif dalam meningkatkan kompetensi siswa. Program ini diharapkan mampu mengatasi tantangan yang dihadapi oleh SMK, terutama dalam hal keterbatasan fasilitas dan tenaga pengajar yang terampil, serta meningkatkan kesiapan kerja lulusan SMK di Kabupaten Majene. Rekomendasi meliputi peningkatan fasilitas komputer, pelatihan berkelanjutan untuk guru, dan integrasi kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau pendidikan vokasional, berperan sangat penting dalam mempersiapkan lulusan yang siap kerja di dunia industri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Sipakatau

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Social Sciences

Description

The journal publishes research articles on various educational innovations of interest and impact on educational development. The journal publishes articles with interdisciplinary content and cross-cutting dimensions relating to education from various cultural perspectives. The journal covers, but ...