Jurnal Sipakatau: Inovasi Pengabdian Masyarakat
Volume 1 Issue 4 Juni 2024: Jurnal Sipakatau

Pengenalan Teknologi Robotika Berbasis IoT pada Siswa SMKN 5 Majene

Purnamawati (Unknown)
Muhammad Akil (Unknown)
Nuridayanti (Unknown)
Usman Mulbar (Unknown)
Hasanah Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2024

Abstract

Perkembangan teknologi robotika saat ini telah merambah ke berbagai sektor, salah satunya dalam dunia Pendidikan. Robot dalam dunia pendidikan digunakan untuk mempermudah guru dalam memberikan pembelajaran yang interaktif dan mendalam bagi siswa. Kegiatan PKM ini secara tidak langsung membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi siswa maupun guru di SMK/SMA yang selama ini sesuai dengan program pemerintah pusat yaitu gencar melakukan kegiatan revitalisasi SMK/SMA untuk meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia. Kegiatan PKM ini dilaksanakan di SMKN 5 Majene. Kegiatan ini direncanakan akan berlangsung selama 8 (delapan) bulan dengan jadwal kegiatan mulai dari penyusunan proposal, implementasi kegiatan di sekolah, dan pelaporan ke LP2M UNM. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan memberikan 2 buah materi yaitu materi pertama: pengenalan robot dan bagian-bagian pentingnya, Internet of Things (IoT), pemrograman berbasis Arduino IDE, cara mengistall dan mengkonfigurasi aplikasi android, dan pengoperasian robot. Materi kedua berupa praktikum ujicoba pengendalian robot berbasis IoT menggunakan aplikasi android. Pada materi ke 2 ini, peserta pelatihan akan mencoba mengendalikan robot berdasarkan navigasi yang dinginkan baik kondisi pergerakan robot maju, mundur, belok kiri dan belok kanan. Kegiatan mendapatkan perhatian khusus bagi guru dan siswa karena materi yang disampaikan merupakan pendukung perkembangan teknologi Revolusi Industri 4.0 dan sangat penting bagi siswa sebagai bekal dalam mendukung keterampilan mereka

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Sipakatau

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Social Sciences

Description

The journal publishes research articles on various educational innovations of interest and impact on educational development. The journal publishes articles with interdisciplinary content and cross-cutting dimensions relating to education from various cultural perspectives. The journal covers, but ...