Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 4 (2024): AGUSTUS - SEPTEMBER 2024

Penerapan Pembelajaran Berbeasis Permainan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak Lokomotor

Nadya Ristamida Al Mubarroh (Unknown)
Sapto Wibowo (Unknown)
M.Rofi’I Zakaria (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2024

Abstract

Observasi pembelajaran PJOK yang dilakukan oleh peneliti terhadap peserta didik kelas II UPT SDN 159 Gresik menunjukkan bahwa pembelajaran cenderung monoton dan berpusat pada guru. Kondisi ini menyebabkan kurangnya pengetahuan dan keterampilan peserta didik, khususnya dalam materi lari jarak pendek, sehingga diperlukan perhatian khusus dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik pada materi lari jarak pendek dapat meningkat melalui penerapan permainan dan media pembelajaran. Penelitian melibatkan 16 peserta didik kelas II UPT SDN 159 Gresik (8 laki-laki dan 8 perempuan).Pada siklus 1, hasil belajar pada aspek pengetahuan dengan menggunakan media gambar menunjukkan rata-rata nilai 79. Kemudian, penerapan media pembelajaran berupa video dan PowerPoint pada siklus 2 berhasil meningkatkan rata-rata nilai peserta didik menjadi 87. Pada aspek keterampilan, penerapan metode bermain pada siklus 1 menunjukkan bahwa hanya 44% peserta didik yang mencapai ketuntasan dalam 3 aspek penilaian (start, lari, dan finish). Namun, pada siklus 2, hasil belajar meningkat menjadi 98% pada seluruh aspek.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...