Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengelolaan sekolah ramah anak di SD Negeri 001 Rantau Kopar mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pemantauan. Penelitian ini berfokus pada enam komponen sekolah ramah anak. Penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi dokumenter. Hasil penelitian dilakukan dengan langkah sebagai berikut : (1) Merencanakan program sekolah ramah anak di SD Negeri 001 Rantau Kopar dari rapat pembentukan panitia pelaksanaan program sekolah ramah anak dan menganalisis situasi serta mengidentifikasi permasalahan, menentukan skala prioritas, menetapkan program kerja yang disukai anak-anak di sekolah serta mempersiapkan rencana kerja operasional juga sebagai komitmen yang tinggi dan persamaan persepsi terhadap pelaksanaan program sekolah ramah anak; (2) Organisasi melalui proses penyusunan struktur organisasi, sumber daya yang tersedia dan lingkungan yang melingkupinya. Pembagian kerja dilakukan dengan membagi tugas-tugas sehingga setiap individu dalam organisasi bertanggung jawab dan melaksanakan tugasnya berdasarkan tugas pokok dan fungsinya; (3) Penyelenggaraannya dilakukan melalui komitmen yang tinggi dan kesamaan persepsi antar warga sekolah terhadap terselenggaranya sekolah ramah anak serta terjalinnya komunikasi yang baik dan stabil antara sekolah, masyarakat, dan pihak-pihak yang berkepentingan, melalui proses pertemuan dan sosialisasi orang tua dan siswa. dan forum komunikasi dengan orang tua siswa; dan (4) Pengawasan dilakukan secara berkala oleh kepala sekolah selaku pejabat pendidikan tertinggi di sekolah tersebut. Namun, permohonannya tetap ada melibatkan berbagai pihak antara lain komite sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan.
Copyrights © 2024