Perkembangan teknologi dan informasi yang pesat di era globalisasi menimbulkan tantangan baru dalam pendidikan, terutama dalam transisi pembelajaran dari tatap muka ke daring. Banyak pendidik mengalami kesulitan menggunakan platform online, sehingga interaksi dan kreativitas dalam pengajaran menurun. Literasi di Indonesia juga masih rendah, dengan peringkat jauh di bawah rata-rata global. Penelitian ini mengembangkan konsep perpustakaan online audio-visual berbasis website yang diberi nama SOCIO PACK, untuk meningkatkan literasi dan prestasi siswa SMA kelas XI khususnya di mata pelajaran sosiologi. Metode pendekatan kuantitatif deksriptif dengan menyebar kuesioner melalui google from kepada siswa SMA kelas 11 selaku pengguna website SOCIO PACK. Hasil penelitian uji validitas menunjukkan bahwa website SOCIO PACK dengan fitur gudang buku, video pembelajaran, podcast, ruang diskusi, game quiz educaplay, dan konsultasi dapat membuat pembelajaran lebih interaktif dan menarik, meningkatkan minat baca, sekaligus meringankan beban kerja pendidik. Website SOCIO PACK berpotensi menjadi solusi efektif untuk masalah pembelajaran daring dan literasi di Indonesia. Pengembangan website ini sejalan dengan tujuan SDGs 4 untuk memastikan pendidikan berkualitas yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat bagi semua.
Copyrights © 2024