Pendas mahakam : jurnal pendidikan dan pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 9 No. 1 (2024): June

Implementasi Pendidikan Karakter Gemar Membaca dan Mandiri Terhadap Motivasi serta Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kota Makassar

Hamid, Sundari (Unknown)
Rosnani, Rosnani (Unknown)
Muriati, St. (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi karakter gemar membaca dan mandiri terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas III UPT SPF SD Inpres Mongisidi 4 kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, Populasi penelitian sebanyak 215 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 30 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendidikan karakter gemar membaca dan  mandiri terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa, hal ini berdasarkan nilai Asymptotic Sig sebesar 0,000 yang artinya kurang dari Sig alpha yang ditentukan yaitu 5% (0,05) maka ada pengaruh yang signifikan implementasi karakter gemar membaca dan mandiri terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendasmahakam

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Topics of Pendas Mahakam Journal related to aspects of education, especially elementary education, it was related to the Educational Management in Primary Schools, Learning Strategy, Learning Method, Learning Model as well as aspects related to education in general. Determination of the article ...