UD Wahyu Abadi merupakan start up dalam bidang produksi pupuk. Namun terdapat beberapa kendala yang menyebabkan penjualan pupuk dari UD Wahyu Abadi ini kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh usaha pupuk padat semi organik UD Wahyu Abadi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis SWOT dan Matriks QSPM. Matriks IFAS memperoleh total skor 2,907 dan matriks EFAS memperoleh total skor 3,307. Serta berdasarkan matriks SWOT dan matriks QSPM terdapat delapan alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh perusahaan. Setelah dilakukan penerapan alternatif strategi pemasaran, kemudian di lakukan evaluasi penerapan alternatif strategi pemasaran yang hasilnya menunjukkan terdapat kenaikan omset penjualan dengan presentase 66% sehingga strategi pemasaran yang telah dibuat efektif untuk jalankan.
Copyrights © 2024