Melati: Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi
Vol 40 No 2 (2023): MELATI: Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi Desember 2023

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM

Nur Faizah, Erna (Unknown)
Majid, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi strategi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Wingko Dapur Fira Lamongan dalam meningkatkan daya saing usahanya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat (SWOT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Wingko Dapur Fira Lamongan adalah strategi bauran pemasaran, yang terdiri dari produk, harga, tempat/distrbusi, dan promosi. Strategi yang dapat digunakan UMKM Wingko Dapur Fira Lamongan dalam upaya peningkatan daya saing berdasarkan matriks SWOT yaitu dengan memanfaatkan media sosial dan digital marketing, fokus pada niche market, kolaborasi kemitraan, inovasi produk berkelanjutan, dan pelatihan untuk pengembangan kapasitas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

melati

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

MELATI: Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi dengan nomor registrasi ISSN 2808-8662 (Online) dan ISSN 1979-9101 (Cetak), merupakan jurnal peer-review yang diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut ...