Abstrak: Korelasi Antara Status Gizi Dan Anemia Terhadap Prestasi Belajar Pada Anak Kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah Nashrul Fajar. Anak usia sekolah di Indonesia memiliki masalah gizi dengan prevalensi yang masih tinggi. Anemia pada anak akan berdampak pada menurunnya kemampuan dan konsentrasi belajar sehingga dapat menurunkan kebugaran dan prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis korelasi antara status gizi dan anemia terhadap prestasi belajar pada anak kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah Nashrul Fajar. Untuk mengetahui korelasi antara status gizi dan anemia terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan obseravasi analitik cross sectional, responden sebanyak 60, di olah dengan uji Korelasi Pearson. Dari hasil analisis korelasi pearson product moment variabel status gizi diperoleh korelasi (rxy) = -0,132 p=0,316 berarti tidak terdapat korelasi signifikan antara variabel status gizi terhadap prestasi belajar siswa. Dan variabel anemia (rxy) = 0,440 p=0,001 yang berarti terdapat korelasi positif antara variabel anemia terhadap prestasi belajar pada anak kelas 6  di Madrasah Ibtidaiyah Nashrur Fajar. Dan berdasarkan analisis mutlivariat diperoleh nilai signifikan sebesar 0,234 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh secara simultan atau bersama-sama antara status gizi dan anemia terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian terkait Korelasi Antara Status Gizi dan Anemia terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah Nashrul Fajar, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat korelasi antara status gizi dengan prestasi belajar siswa. Dan terdapat korelasi antara anemia dengan prestasi belajar. Berdasarkan uji multivariat tidak terdapat pengaruh antara status gizi dan anemia terhadap prestasi belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024