Penelitian ini berangkat dari permasalahan pemetaan kelembagaan berupa mutasi dan promosi menyebabkan pergantian personal penyususn Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) di masing-masing perangkat daerah mengalami perubahan. Selain harusnya menyesuaikan dengan nomeklatur perangkat daerah yang baru, juga harus berkoordinasi ulang dengan personal baru sehingga diperlukan pendampingan dalam penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD). Dalam beberapa urusan terdapat juga capaian kinerja yang masih rendah, tidak mengalami peningkatan dan cenderung menurun. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan lokus di Kabupaten Sidoarjo. Fokus penelitian menganalisis bagaimana strategi pelaksanaan penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah di Kabupaten Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dijabarkan diatas, dapat disimpulkan bahwa langkah strategis dalam Penyusunan Laporan Pemerintaha Daerah (LPPD) guna mempertahankan dan meingkatkan skor LPPD dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, maka diimplementasikanlah kebijakan dibangunnya Sistem Informasi Wwbsite Portal Data Kinerja, yaitu sebuah sistem informasi data yang dibangun oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo dan dikelola oleh Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sidoarjo, yang berisikan form data-data untuk memenuhi indikator tiap-tiap urusan daerah dalam rangka penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024