Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penerapan kurikulum merdeka terhadap motivasi belajar siswa kelas X TBSM pada mata pelajaran DDPK di SMK Nasional Kayutanam. Sementara itu, penelitian ini menggunakan metode penelitian hubungan kuantitatif korelasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TBSM di SMK Nasional Kayutanam. Jumlah responden yang digunakan untuk mengisi sebuah angket terdapat 45 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan teknik total sampling. Kemudian setelah data terkumpul data diolah dengan menggunakan bantuan SPSS 25 dan bantuan microsoft excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kurikulum merdeka mempunyai kontribusi sebesar 9,7% terhadap motivasi belajar siswa. This research aims to find out how much the application of independence criteria affects the learning motivation of class X TBSM students in DDPK subjects at SMK Nasional Kayutanam. Meanwhile, this research uses a quantitative correlation research method. The population used in this research were class X TBSM students at SMK Nasional Kayutanam. The number of respondents used to fill a transport was 45 respondents. The sampling technique in this research was a total sampling technique. Then after the data was collected, the data was processed using SPSS 25 and excel microsoft. The research results show that the independent curriculum variable has an contribution of 9.7% on student learning motivation.
Copyrights © 2024