Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains
Vol 5, No 1 (2023): AGUSTUS 2023

PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG (Studi Kasus: Pada Masyarakat Kelurahan Sentang Kisaran Timur)

Tengku Syarifah, Yuliana, (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2023

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial citra merek, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian Smartphone Samsung (Studi Kasus: Pada Masyarakat Kelurahan Sentang Kisaran Timur). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi seluruh masyarakat Kelurahan Sentang Kisaran Timur yang telah melakukan pembelian Smartphone Samsung yang tidak diketahui dengan pasti jumlahnya dan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan sampel menggunakan metode convenience sampling, dengan teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil regresi menghasilkan persamaan Y= 1,375 + 0,569X1 + 0,716X2 + 0,296X3 dan uji hipotesis menggunakan uji F secara simultan, uji t secara parsial dan uji koefisien determinasi (R2).Hasil dari penelitian ini Uji-F menghasilkan nilai Fhitung (58,100) > Ftabel (2,70), artinya secara serempak citra merek, kualitas produk dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji-t, secara parsial citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena thitung (7,591) > ttabel (1,985), kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena thitung (2,298) > ttabel (1,985) promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena thitung (2,820) > ttabel (1,985). Hasil uji koefisien determinasi menghasilkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,930, artinya citra merek, kualitas produk dan promosi mampu menjelaskan variabel terikat yaitu keputusan pembelian sebesar 93%, sedangkan sisanya 7% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata Kunci : Citra Merek, Kualitas Produk, Promosi dan Keputusan Pembeli 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mes

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains (MES) merupakan wadah untuk publikasi artikel yang memuat tentang ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka dan inovasi lainnya yang berkaitan pada bidang manajemen dan ilmu ekonomi. Jurnal ini dipublikasikan dan diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas ...