KELOLA: Jurnal Ilmiah Manajemen
Vol 9, No 1 (2023)

KOMUNIKASI PEMASARAN KOLABORASI KOMUNITAS CANVASaTHOR DAN DIGITAL KOOMIK DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Irawan, Fanissa (Unknown)
Hamzah, Radja Erland (Unknown)
Krismasakti, Bramayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Dalam dunia pemasaran, terdapat sebuah cara untuk meningkatkan nama sebuah perusahaan atau meningkatkan penjualan produk perusahaan, yaitu kolaborasi. Kolaborasi adalah sebuah kerja sama antar sesama partner untuk mencapai tujuan yang masing-masing kehendaki. Pada penelitian ini sebuah komunitas komikus bernama CANVASaTHOR melakukan komunikasi kolaborasi pemasaran bersama layanan komik digital KOOMIK. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan studi kasus deskriptif, pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses dan hasil dari komunikasi pemasaran kolaborasi yang dilakukan pihak KOOMIK dan CANVASaTHOR untuk meningkatkan kesadaran merek. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa bentuk kolaborasi yang dilakukan CANVASaTHOR dan KOOMIK adalah kolaborasi eksternal, atau biasa disebut komunikasi dengan pihak luar, serta komunikasi pemasaran yang dilakukan adalah personal selling yang termasuk unsur dari KOMUNIKASI PEMASARAN, dan hasil dari komunikasi kolaborasi tersebut adalah terjadinya kesadaran merek pada khalayak ketika kedua pihak berkolaborasi, mereka ingat nama kedua pihak ketika disebutkan dalam seminar daring.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kelola

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

KELOLA Journal invites articles in the following scopes but not limited to: Functional areas of management: Finance, Marketing, Operation, and Human Resource Management Entrepreneurship Business ethics Sustainability Knowledge Management and Learning ...