Dalam dunia pemasaran, terdapat sebuah cara untuk meningkatkan nama sebuah perusahaan atau meningkatkan penjualan produk perusahaan, yaitu kolaborasi. Kolaborasi adalah sebuah kerja sama antar sesama partner untuk mencapai tujuan yang masing-masing kehendaki. Pada penelitian ini sebuah komunitas komikus bernama CANVASaTHOR melakukan komunikasi kolaborasi pemasaran bersama layanan komik digital KOOMIK. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan studi kasus deskriptif, pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses dan hasil dari komunikasi pemasaran kolaborasi yang dilakukan pihak KOOMIK dan CANVASaTHOR untuk meningkatkan kesadaran merek. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa bentuk kolaborasi yang dilakukan CANVASaTHOR dan KOOMIK adalah kolaborasi eksternal, atau biasa disebut komunikasi dengan pihak luar, serta komunikasi pemasaran yang dilakukan adalah personal selling yang termasuk unsur dari KOMUNIKASI PEMASARAN, dan hasil dari komunikasi kolaborasi tersebut adalah terjadinya kesadaran merek pada khalayak ketika kedua pihak berkolaborasi, mereka ingat nama kedua pihak ketika disebutkan dalam seminar daring.
Copyrights © 2023