MABASAN
Vol. 18 No. 1 (2024): Mabasan

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF BAHASA INGGRIS SISWA

Afrianti, Indah (Unknown)
Nurhasanah, Enung (Unknown)
Arifin, Arifin (Unknown)
Tasumbey, Ririn (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peranan pembelajaran berbasis lingkungan dalam peningkatan keterampilan menulis karangan deskriptif pada siswa SMP Islam Nurul Ihsan Kota Bima. Penelitian ini menerapkan Experimental Design bentuk Intact-Group Comparison. Desain ini dilakukan terhadap satu kelas yang dibagi atas kelompok experimental dan kelompok control. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data menggunakan metode analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis lingkungan terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai yang didapat oleh siswa kelompok eksperimental pada post-test dari 17 siswa hanya 2 siswa yang tidak mencapai nilai KKM (pre-test 2 orang siswa yang mencapai KKM yaitu 69). 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MABASAN

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

MABASAN is a journal aiming to publish literary studies researches, either Indonesian, local, or foreign literatures. All articles in MABASAN have passed reviewing process by peer reviewers and edited by editors. MABASAN is published by Kantor Bahasa NTB twice times a year, in June and December. ...