Ekodestinasi : Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata
Vol. 2 No. 1 (2024): EKODESTINASI: Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata

Pengaruh Digital Marketing dan Customer Relationship Marketing terhadap Kepuasan Konsumen pada Moment Coffee & Eatery Meulaboh Aceh Barat

Irma, Ade (Unknown)
Putri, Cut Mega (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Pemasaran digital merupakan strategi pemasaran yang menggunakan platform digital, seperti media sosial, website dan media digital lainnya untuk membantu meningkatkan penjualan. Adapun customer relationship marketing berfokus kepada membangun hubungan jangka panjang diantara pengelola suatu bisnis dengan pelanggan dalam rangka menjaga kelangsungan bisnis. Tuuan dari penelitian ini adalah un untuk mengetahui bagaimana pengaruh Digital Marketing dan Marketing hubungan pelanggan terhadap kepuasan konsumen pada Moment Coffee & Eatery Meulaboh. Populasi penelitian ini adalah konsumen Moment Coffee & Eatery Meulaboh. Sampel ditentukan menggunakan teknik aksidental sampling dengan berdasarkan rumus Lemeshow untuk menghasilkan jumlah sampel sebanyak 96 orang yang menjawab. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner untuk selanjutnya di analisis menggunakan kalkulasi regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital marketing dan marketing hubungan pelanggan memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen sebagaimana diperoleh nilai thitung = 4, 325 ttable = 1, 985. Selanjutnya secara parsial customer relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen seagaimana diperoleh nilai thitung = 2, 582 > ttable = 1, 985. Secara simultan digital marketing dan marketing hubungan pelanggan berdampak positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebagaimana diperoleh nilai Fhitung = 15, 131 > Ftable = 3, 94. Sehingga dari penelitian yang telah dilakukan diharapkan pengelola Moment Coffee & Eatery Meulaboh agar selalu meng-update berbagai produk makanan dan minuman di akun media sosial Istagram dan media sosial lainnya disertai dengan meningkatkan pelayanan coffee untuk mempertahankan konsumen agar Moment Coffee & Eatery terus berkembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ekodestinasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Focus and scope of EKODESTINASI: Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata is in the fields of microeconomics, macroeconomics, development economics, environmental economics, tourism, Islamic tourism, Islamic economics, Islamic development economics, Islamic macroeconomics, Islamic business, creative ...