Persaingan merupakan hal yang lazim ada di setiap bisnis yang dilakukan. Rumah Makan Cahaya Minang juga mempunyai pesaing yang sesuai dengan bidangnya. Rumah Makan Cahaya Minang membutuhkan beberapa strategi agar tetap bisa bersaing dengan rumah makan lain dengan menerapkan pedoman-pedoman persaingan secara sehat. Seiring dengan pesatnya pertumbuhan pertambahan jumlah penduduk maka pemenuhan kebutuhan pangan semakin bertambah. Hal tersebut membuka peluang para pelaku usaha untuk membuka rumah makan. Dari tahun ke tahun pelaku usaha untuk membuka rumah makan semakin bertambah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) Pada Rumah Makan Cahaya Minang. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara kepada pemilik atau pengelola dari Rumah makan cahaya minang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, menghasilkan kesimpulan bahwa Rumah makan cahaya minang sudah menggunakan strategi marketing mix dalam perusahaan. Konsep 4p yang digunakan seperti: 1. Produk yaitu dengan memperhatikan kualitas produk yang baik, kebersihan produk, dan cita rasa yang enak akan membuat produk semakin menarik dan menambah minat beli konsumen. 2. Harga yang dapat dijangkau oleh pelanggaran agar produknya dapat dinikmati oleh semua kalangan manapun. 3. Tempat yaitu dengan memilih lokasi sangat strategi yang dimana banyak orang melintas dan bisa memudahkan pelanggan untuk datang membeli produk rumah makan cahaya minang. 4. Promosi dalam rumah makan cahaya minang melalui media sosial seperti whatsApp, facebook dan juga pemasaran langsung. Dari permasalahan tersebut analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats) dan strategi 4P (Product, Price, Place, Promotion), hal ini penting dalam rangka. Merumuskan rencana pengelolaan strategis yang akan dilaksanakan oleh rumah makan cahaya minang. Implementasi startegi pemasaran berupa rumah makan yang memanfaatkan kualitas produk sesuai dengan 4p. Pengaruh promosi dan harga terhadap peningkatan penjualan yaitu sangat berpengaruh. Dapat dilihat dari hasil perhitungan 4p yaitu pengaruh promosi (gencar dalam melakukan promosi dan pemasaran) dan harga (produk terjangkau bagi konsumen di segala kalangan) terhadap penjualan. Kata Kunci: Strategi Pengembangan; Konsep 4p; Analisis SOWT
Copyrights © 2024