Permasalahan yang akan menjadi obyek penelitian adalah Bagaimana kesulitan belajar yang dihadapi siswa dan upaya yang dilakukan guru IPS untuk mengatasinya. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah “kesulitan belajar yang dihadapi siswa dan upaya yang dilakukan guru IPS untuk mengatasinya di SMP Negeri 2 Lakudo “. Maka dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif.. Data jumlah yang menjadi populasi penelitian adalah 102 rang siswa (terdiri dari 4 rombongan belajar) untuk kelas VII. maka sampel penelitiannya sebanyak 25% dari populasi 102 orang. Maka sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 25 orang. instrumen penelitian yang digunakan. Dalam penelitian ini ada beberapa data yang diperlukan yaitu: wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data Triangulasi Berdasarkan hasil penelitian Siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menghafal materi-materi karena padanya perampingan jam pelajaran IPS sehingga waktunya yang dirasa kurang lama. Kurangnya waktu dalam mengerjakan materi hitung-menghitung yang ada pada pelajaran ekonomi. Menurut siswa materi yang disampaikan guru kurang banyak karena keterbatasan waktu dengan adanya perampingan jam pelajaran IPS sehingga siswa merasa sulit menemukan jawaban-jawaban pada soal-soal ujian. Guna memudahkan siswa untuk memahami dan menerima materi IPS dengan baik maka guru memberikan pembelajaran dengan model team teaching. Penggunaan model integrasi pembelajaran berdasarkan topik. Memberikan jam tambahan pelajaran IPS baik masih dalam jam pelajaran sekolah maupun diluar jam pelajaran sekolah. Meminta siswa agar memperluas materi-materi IPS melalui internet atau buku-buku yang ada diperpustakaan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024