Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah
Vol 29 No 02 (2022): Oktober 2022

PENGGUNAAN METODE EKLEKTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA SMP

Achmad Muhajir SAM (Unknown)
Ifan Ali Alfatani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penggunaan metode eklektik dalam meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab siswa SMP Negeri 1 Asembagus. Metode eklektik merupakan pendekatan pengajaran yang menggabungkan berbagai strategi dan teknik pembelajaran dari berbagai metode yang ada. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan siswa SMP sebagai subjek penelitian dan menggunakan desain penelitian pre-test post-test dengan kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui tes awal, intervensi menggunakan metode eklektik, dan tes akhir untuk mengukur kemajuan keterampilan membaca bahasa Arab siswa. Selain itu, observasi dan kuesioner juga digunakan untuk memperoleh informasi tambahan mengenai respons siswa terhadap penggunaan metode eklektik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode eklektik secara signifikan meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab siswa SMP Negeri 1 Asembagus dibandingkan dengan kelompok kontrol. Siswa menunjukkan peningkatan pemahaman terhadap teks bahasa Arab, kosa kata, dan kemampuan membaca dengan cepat. Respons siswa terhadap metode eklektik secara umum positif, menunjukkan bahwa metode ini dapat diterapkan dengan baik dalam konteks pembelajaran bahasa Arab di tingkat SMP Negeri 1 Asembagus.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tasyri

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

The scopes of the journal include the following topic areas: Teachers Education of Economy, Curriculum and Teaching, Education of Economy, Learning Media Education of Economy, Leadership and Management of Education of Economy, Information Technology, Communication and Education of Economy, ...