Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan tes diagnostik pada kurikulum merdeka pada mata pelajaran Matematika yang layak bagi siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Metode penelitian menggunakan pendekatan Research and Depelovement. Prosedur pengembangan menggunakan lima tahap yaitu: tahap awal, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kayen - Pati sebanyak 32 siswa. Objek penelitian ini adalah kelayakan tes diagnostik materi bilangan bulat. Sedangkan Analisis data menggunakan kualitatif deskriptif dan kuantitatif untuk menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil Penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa pengembangan tes diagnostik sangat layak dan efektif diterapkan pada kurikulum merdeka mata pelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 1 Kayen - Pati. Terbukti dari hasil validasi konten atau materi  rata- rata nilai 3,25 dalam kategori sangat layak, dari validasi ahli bahwa keterampilan proses diperoleh nilai rata-rata 3,3 dalam kategori sangat layak, kemudian validasi ahli produk diperoleh nilai rata-rata 4,0 dalam kategori sangat layak.
Copyrights © 2023