Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana elemen AIDA dapat membantu meningkatkan efektifitas konten promosi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara di media sosial Instagram sebagai media promosinya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis konten promosi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara di media sosial Instagram sebagai media promosi menggunakan konsep kerja AIDA. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara yang beralamat di Jl. Sao-sao Kel. Bende Kec. Kadia, Kota Kendari Sulawesi Tenggara. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawanvara dan dokumentasi. Tehnik penentuan informan yang berjumlah 5 orang yang dilakukan dengan tehnik Purposive Sampling (penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu) yaitu orang yang dianggap paling mengetahui apa yang diharapkan dan sesuai dengan kriteria kebutuhan peneliti, data yang dikumpulkan baik data primer maupun data sekunder yang diperoleh dari hasil penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dirangkum dan dianalisis dengan menggunakan analisa dekriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan konsep AIDA secara efektif dapat meningkatkan efektivitas kampanye promosi di media sosial Instagram untuk Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara. Dengan memahami peran setiap elemen AIDA dan menggunakannya secara tepat dalam strategi promosi, Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara dapat membangun hubungan lebih kuat dengan audiens, meningkatkan partisipasi, dan memperluas dampak positifnya dalam masyarakat Provinsi Sulawesi Tenggara.
Copyrights © 2023