Abditeknika - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 4 No. 2 (2024): Oktober

Digitalisasi Pemasaran Produk Olahan Singkong Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Pada Rumah Singkong Niknok Depok

Wulandari, Dewi Ayu Nur (Unknown)
Sunarti, Sunarti (Unknown)
Kuspriyono, Taat (Unknown)
Lestari, Hana Dwi (Unknown)
Hanum, Nur Alliza Pramudya Resita (Unknown)
Maulida, Anjelika (Unknown)
Bay, David Eko Octavian (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2024

Abstract

Digitalisasi telah menjadi faktor penting dalam meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pemasaran produk-produk lokal. Mitra kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Rumah Singkong Niknok Depok dengan fokus pada digitalisasi pemasaran produk olahan singkong untuk meningkatkan penjualan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengintegrasikan teknologi digital dalam strategi Pemasaran dengan menggunakan aplikasi e-commerce untuk memperluas jangkauan pasar dan memperkenalkan produk olahan singkong secara lebih efektif kepada konsumen potensial. Metode yang digunakan meliputi pelatihan kepada pemilik usaha dalam menggunakan aplikasi e-commerce untuk meningkatkan penjualan. Hasil pengabdian ini menunjukkan peningkatan pengetahuan dari mitra terhadap penggunaan aplikasi e-commerce https://singkongniknok.com. Implikasi dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah bahwa digitalisasi dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan daya saing produk olahan lokal di pasar yang semakin kompetitif secara global.   Digitalization has become an important factor in increasing the efficiency and accessibility of various aspects of life, including the marketing of local products. The partner for this community service activity is Rumah Singkong Niknok Depok, which focuses on digitalizing the marketing of processed cassava products to increase sales. The objective of this activity is to integrate digital technology into marketing strategies by using e-commerce applications to expand market reach and more effectively introduce processed cassava products to potential consumers. The methodology used includes training business owners in the use of e-commerce applications to increase sales. The results of this service show an increase in the partners' knowledge of how to use the e-commerce application https://singkongniknok.com. This community service activity implies that digitalization can be an effective tool to increase the competitiveness of locally processed products in an increasingly competitive global market. The research results show that the sales website is able to increase market reach, speed up the transaction process, and improve the digital skills of Niknok cassava house partners, which ultimately contributes to increasing business competitiveness in the digital era.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abditeknika

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Abditeknika Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat pertama publikasi tahun 2021 dengan e-ISSN 2775-1694 dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Abditeknika Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat merupakan jurnal hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dibidang Teknologi, Science, dan Informatika dengan ...