Abstrak: Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan pembelajaran berbasis proyek (PBP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah atas melalui pendekatan Systematic Literature Review. Data diperoleh dari pengindek Scispace dan Elicit dengan pencarian terbatas pada Google Scholar, DOAJ, dan Scopus untuk terbitan tahun 2013 hingga 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBP, terutama dengan pendekatan Project-Based Learning (PBL), memiliki potensi yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Faktor-faktor pendukung, seperti desain pembelajaran yang sesuai dan kemampuan guru, serta integrasi nilai-nilai Islami dalam konteks pembelajaran matematika, juga diidentifikasi sebagai elemen penting dalam meningkatkan prestasi belajar dan pengembangan karakter siswa. Temuan ini menekankan perlunya integrasi PBP dalam kurikulum untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika. Studi ini memberikan landasan bagi penelitian lebih lanjut tentang strategi implementasi yang efektif dan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengaruh PBP terhadap pembelajaran matematika di tingkat sekolah menengah atas.Abstract: The study aims to evaluate the impact of project-based learning (PBL) on high school students' mathematical problem-solving abilities through a Systematic Literature Review approach. Data were obtained from Scispace and Elicit indexes, with searches limited to Google Scholar, DOAJ, and Scopus publications from 2013 to 2023. The findings indicate that PBL, particularly when employing a Project-Based Learning (PBL) approach, significantly enhances mathematical problem-solving skills [4]. Supporting factors such as appropriate instructional design, teacher competence, and the integration of Islamic values in the context of mathematical learning, are also identified as crucial elements in improving learning outcomes and student character development. These findings underscore the importance of integrating PBL into the curriculum to enhance the effectiveness of mathematical instruction. The study provides a foundation for further research on effective implementation strategies and a deeper understanding of the impact of PBL on mathematics education at the high school level.
Copyrights © 2024