Jurnal Ulul Albab
Vol 27, No 2 (2023): Juli

Implementasi Penggunaan Peta Konsep dalam Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa tentang Statistika Pendidikan

Solehah, Azmiatun (Unknown)
Sahraini, Alfiana (Unknown)
Abdillah, Abdillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2024

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas implementasi peta konsep dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap statistika pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan melibatkan 44 mahasiswa sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar penilaian peta konsep serta observasi di dalam kelas untuk memperoleh data yang komprehensif. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t untuk mengukur hubungan antara implementasi peta konsep dan peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap statistika pendidikan. Hasil analisis menunjukkan adanya nilai korelasi yang signifikan sebesar 22.268 dengan nilai signifikansi 0.000. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan peta konsep dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi statistika pendidikan. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang manfaat peta konsep dalam konteks pembelajaran statistika pendidikan di lingkungan akademik. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat menjadi landasan bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah statistika pendidikan. Penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk mengeksplorasi lebih lanjut faktor-faktor lain yang memengaruhi efektivitas penggunaan peta konsep dalam pembelajaran.Abstract: The study aims to explore the effectiveness of implementing concept maps in enhancing students' understanding of educational statistics. A quantitative descriptive method was utilized involving 44 students as research subjects. Research instruments included concept map assessment sheets and classroom observations to obtain comprehensive data. Data analysis was conducted using t-tests to measure the relationship between concept map implementation and the improvement of students' understanding of educational statistics. The analysis results indicated a significant correlation value of 22.268 with a significance value of 0.000. These findings suggest that the use of concept maps can significantly contribute to enhancing students' understanding of educational statistics material. This research provides a deeper understanding of the benefits of concept maps in the context of educational statistics learning in academic settings. The implications of these research findings can serve as a basis for developing more effective learning strategies to enhance students' understanding of educational statistics courses. Further research could explore other factors influencing the effectiveness of concept map utilization in learning.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JUA

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

Jurnal Ulul Albab merupakan jurnal yang memuat karya tulis berupa penelitian maupun pengembangan keilmuan pada bidang ilmu-ilmu Sains, ilmu-ilmu sosial dan Humaniora berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah ...