Bandung Conference Series: Business and Management
Vol. 4 No. 1 (2024): Bandung Conference Series Business and Management

Pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention Dengan Celebrity Endorse sebagai Variabel Moderasi

Elsa Diana Putri (Unknown)
Hendrati Dwi Mulyaningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2024

Abstract

Abstract. Instagram is a social network with quite complete functions and has active users to introduce and promote products. Instagram is also used by some people to buy and sell online by posting photos of the products they sell on Instagram. Using Instagram as advertising is considered quite effective on average. When promoting their products, business people usually use the services of a celebrity or public figure to promote their products. The use of celebrities in advertising is often used to support the sales of a product, especially beauty cosmetic products that are associated with attractive and beautiful models as brand ambassadors for the product. The aim of this research is to determine the influence of social media marketing on purchase intention with celebrity endorsement as a moderating variable.The research method is quantitative with descriptive and verification research types. The population of this research is consumers who have made purchases at the Etude house Mall PVJ Bandung branch. The sampling technique used purposive sampling with the criteria that consumers had seen Etude house promotional advertisements on Instagram and knew Kazuha as Etudehouse's brand ambassador. The sample for this research was 120 respondents. The data analysis technique is carried out through simple linear regression analysis and moderate regression analysis (MRA). The research results show that social media marketing has a significant effect on purchase intention at Etude house. Celebrity endorsement strengthens the influence of social media marketing on purchase intention at Etude house. Abstrak. Instagram merupakan jejaring sosial dengan fungsi yang cukup lengkap dan memiliki pengguna aktif untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk. Instagram juga digunakan oleh sebagian orang untuk melakukan jual beli online dengan memposting foto produk yang mereka jual di Instagram. Menggunakan Instagram sebagai iklan rata-rata dinilai cukup efektif. Dalam mempromosikan produknya biasanya pelaku bisnis menggunakan jasa seorang selebriti atau publik figure untuk mempromosikan produknya tersebut. Penggunaan selebriti dalam periklanan seringkali digunakan untuk menunjang penjualan suatu produk, khususnya produk kosmetik kecantikan yang dikaitkan dengan model yang menarik dan cantik sebagai brand duta produk tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh social media marketing terhadap purchase intention dengan celebrity endorse sebagai variabel moderasi. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan verifikatif. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang telah melakukan pembelian di Etudehouse cabang Mall PVJ Bandung. Teknik penarikan sample menggunakan purposive sampling dengan kriteria konsumen pernah melihat iklan promosi Etudehouse di Instagram dan mengetahui Kazuha sebagai brand ambassador Etudehouse. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 120 responden. Teknik analisis data dilakukan melalui analisis regresi linear sederhana dan moderate regression analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh signifikan terhadap purchase intention pada Etudehouse. Celebrity endorse memperkuat pengaruh antara social media marketing terhadap purchase intention pada Etudehouse. Kata Kunci: Pemasaran Sosial Media, Minat Beli, Selebrity Endorse

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

BCSBM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Bandung Conference Series Business and Management (BCSBM) menerbitkan artikel penelitian akademik tentang kajian teoritis dan terapan serta berfokus pada Manajemen dan Bisnis dengan ruang lingkup Adjusted Exponential Smoothing, Bauran Produk, Capital Adequacy Ratio, Crash Program, Critical Path ...