Jurnal Seni Makalangan
Vol 10, No 2 (2023): "Tari Dalam Genggaman Tradisi"

STRATEGI PEMBELAJARAN SENI TARI PADA EKSTRAKULIKULER DI SMPN 13 KOTA SERANG

Azzahra, Khoirunnisa (Unknown)
Rizal, Syamsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

ABSTRAK Strategi pembelajaran seni tari dalam ekstrakurikuler memiliki peran penting dalam pengembangan kreativitas, ekspresi diri, dan pemahaman budaya siswa. Meskipun terdapat peningkatan minat siswa pada kegiatan ini, kendala seperti kekurangan fasilitas tari yang memadai dan sumber daya yang terbatas menjadi tantangan. Kolaborasi yang solid antara berbagai pihak dianggap krusial untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pembelajaran yang sedang digunakan di ekstrakurikuler seni tari SMP Negeri 13 Kota Serang. Metode penelitian yang diadopsi adalah kualitatif. Data diperoleh melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan demonstrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran seni tari di sekolah ini melibatkan metode ceramah dan demonstrasi. Metode ceramah memberikan dasar teoritis, sementara metode demonstrasi memberikan dimensi praktis dan pengalaman langsung. Kombinasi keduanya menciptakan pengalaman pembelajaran holistik, memastikan siswa tidak hanya memahami konsep seni tari secara teoritis tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam praktik. Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran, Seni Tari. ABSTRACT DANCE LEARNING STRATEGIES IN EXTRACURRICULAR AT SMPN 13 SERANG CITY, DECEMBER 2023. The dance learning strategies in extracurricular have a crucial role in fostering creativity, self-expression, and cultural understanding among students. Despite the increased interest in this activity, there are challenges such as inadequate dance facilities and limited resources. Solid collaboration among various stakeholders is deemed essential to overcome these challenges. This research aims to identify the learning strategies currently employed in the dance extracurricular activities at SMPN 13 Serang City. The research method applied is qualitative. Data are obtained through literature review, observation, interviews, and demonstrations. The research results show that dance learning in this school involves both lecture and demonstration methods. The lecture method provides a theoretical foundation, while the demonstration method offers practical dimensions and direct experiences. The combination of these two creates a holistic learning experience, ensuring that students not only grasp the theoretical concepts of dance but also apply them in practice. Keywords: Strategy, Learning, Dance.

Copyrights © 2023