Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas tes kemampuan pemahaman matematis yang sudah dikembangkan. Metode penelitian deskriptif kuantitaif digunakan untuk membuat gambar atau deskriptif tentang suatu keadaan secara objektif yang menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut serta penampilan dan hasilnya. Data dikumpulkan dengan tes, dokumentasi dan wawancara. Subjek penelitian berjumlah 31 orang siswa kelas VIII-1 SMP Santo Petrus Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  dari soal nomor 1 sampai soal nomor 7 diperoleh validitas sebesar 0,69 (tinggi), 0,64 (tinggi), 0,37 (tinggi), 0,42 (sedang), -0,28, 0,48 (sedang) dan 0,45 (sedang). Reliabilitas tes kemampuan pemahaman konsep sebesar 0,6 dengan reliabilitas sedang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024