Literasi matematis adalah kemampuan seseorang untuk merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa berdasarkan gaya kognitif Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI) dalam menyelesaikan soal setipe PISA konten change and relationship. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 14 Kota Serang dengan 22 siswa kelas IX H sebagai subjek. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes GEFT untuk mengidentifikasi gaya kognitif siswa, tes kemampuan literasi matematis berupa 6 soal konten change and relationship dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 22 siswa, 18 siswa memiliki gaya kognitif FD dan 4 siswa memiliki gaya kognitif FI. Siswa dengan gaya kognitif FI cenderung mencapai level literasi matematis yang lebih tinggi dibandingkan dengan FD dimana siswa dengan kategori FD yaitu SP-1 mencapai level 1, SP-10 mencapai level 10, dan SP-18 mencapai level 6. Sedangkan siswa dengan kategori FI yaitu SP-19 mencapai level 3, SP-20 mencapai level 6 dan SP-22 mencapai level 6 pada PISA
Copyrights © 2023