Penggunaan teknologi menjadi semakin erat dan tidak dapat dilepaskan dari proses bisnis. Kebutuhan terhadap teknologi digital menjadi aspek krusial, sehingga perusahaan tidak lagi dapat bertahan hanya dengan mengandalkan strategi-strategi tradisional. Termasuk misalnya salah satu yang saat ini menjadi sarana bisnis yang efektif digunakan pada era digital adalah live streaming dengan Shopee dan digital marketing. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjabarkan penerapan live streaming Shopee dan digital marketing dalam upaya peningkatan penjualan pada PT Erju Dermatologi Indonesia. Pendekatan penelitian yang ditetapkan adalah kualitatif, dengan data diperoleh dari pelaksanaan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data penelitian yang diperoleh kemudian diolah melalui proses reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik live streaming Shopee maupun digital marketing memiliki peran dalam mekanisme peningkatan penjualan PT Erju Dermatologi Indonesia. Live streaming Shopee yang dilakukan PT Erju Dermatologi Indonesia dianggap memiliki beberapa karakteristik inti yang meliputi jangkauan dan aksesibilitas; biaya; efisiensi; fleksibilitas; mudah diprediksi, dan; interaktif dan informative. Sedangkan digital marketing yang dilakukan melalui berbagai media sosial oleh PT Erju Dermatologi Indonesia memiliki karakteristik inti digital marketing yang terdiri atas targeting; penyesuaian biaya; jangkauan luas; media sosial, dan; website.
Copyrights © 2023