Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sumber internal dan eksternal terhadap peningkatan softskills mahasiswa semester delapan di Universitas Bakrie pada tahun 2023. Pendekatan kualitatif digunakan dengan metode studi deskriptif. Penelitian ini terdiri dari mahasiswa semester delapan. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan mahasiswa melalui pesan whattaps, serta observasi langsung pada kegiatan kampus yang berkaitan dengan softskills. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi diri, komitmen, kemampuan beradaptasi, kepemimpinan, dan kemampuan berkomunikasi merupakan faktor internal yang berkontribusi pada peningkatan softskills. Sumber eksternal seperti dukungan dari organisasi, ektrakulikuler, peluang magang, serta program dan kegiatan kampus juga berpengaruh positif. Berdasarkan temuan, Universitas Bakrie perlu meningkatkan peran aktifnya dalam mengoptimalkan sumber internal dan eksternal dalam peningkatan softskills mahasiswa. Disarankan untuk menyusun program pembinaan softskills yang komprehensif dan menciptakan lingkungan kondusif bagi pengembangan softskills mahasiswa. Kerjasama dengan dunia industri dan pihak terkait juga penting untuk menyediakan lebih banyak kesempatan magang dan pengalaman nyata yang relevan dengan dunia kerja.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023