Banyaknya barang dan jasa yang ditawarkan oleh lembaga perbankan, membuat konsumen memiliki banyak kesempatan untuk memilih lembaga perbankan yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Banyak faktor, baik internal maupun eksterna yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk menggunakan atau melakukan pembelian. Faktor pribadi dan psikologi adalah faktor internal yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen, sedangkan faktor budaya, sosial, dan pemasaran adalah faktor eksternal. Kosumen akan memilih untuk menggunakan barang atau jasa sebuah perusahaan dengan selalu mempertimbangkan faktor-faktor tersebut. Data primer dan sekunder adalah sumber data yang digunakan dalam penelitian ini, yang dilakukan dengan metode kualitatif. Metode pengumpulan data terdiri dari penyebaran angket kepada tiga puluh responden dengan masing-masing dua pertanyaan. Dengan menggunakan metode skala likert, kriteria penilaian ditafsirkan menjadi: sangat setuju, setuju, kurang setuju dan tidak setuju. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor psikologis dan pemasaran termasuk faktor motivasi dan persepsi, proses belajar, keyakinan, sikap, produk, promosi, iklan, dan layanan. Faktor yang paling berpengaruh adalah bagian prinsip dari praktik perbankan dan promosi yang dilakukan secara langsung.
Copyrights © 2019