Kepuasan pelanggan pendidikan adalah diantara faktor terpenting untuk mengetahui mutu sebuah lembaga pendidikan. SD Muhammadiyah 5 Jakarta merupakan lembaga pendidikan yang selalu berupaya menyajikan pelayanan pendidikan terbaik. Program Pembelajaran Al-Qur’an adalah program unggulan SD Muhammadiyah 5 Jakarta. Program ini terdiri dari Program Utama dan Program Pendukung. Program Utama adalah program yang dirancang dan disajikan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an dengan baik dan benar. Sementara Program Pendukung dirancang dan disajikan dalam upaya mensupport dan memfasilitasi peningkatan kemampuan utama dan aktualisasi nilai-nilai qur’ani.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Net Promoter Score (NPS). NPS adalah metrik loyalitas pelanggan yang memprediksi kemungkinan seorang pelanggan membeli kembali dari anda atau merekomendasikan langsung ke teman. Metode ini digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan promotif pelanggan dengan skala 0-10 dalam kuisioner. Berdasarkan penilaian NPS jenis pelanggan dibagi menjadi tiga, yaitu: Promoters, pelanggan antusias terhadap produk yang ditawarkan. Promoter merupakan pelanggan yang memilih nilai 9-10. Passives, jenis pelanggan yang merasa puas Passive merupakan pelanggan yang memilih nilai 7-8. Detractor, pelanggan yang memiliki pengalaman kurang baik terhadap suatu produk. Pelanggan jenis ini memilih nilai 0-6. Metode ini berfungsi untuk mengukur seberapa besar tingkat kepuasan promotif nasabah dan akan direkomendasikan pelanggan kepada relasi nasabah lainnya. Ada 14 komponen Porgram Pembelejaran Al-Qur’an diukur menggunakan metode NPS kepada 538 responden yang merupakan orang tua siswa.Hasil penelitian ini, nilai NPS keseluruhan sebesar 44%. Sehingga kesimpualnnya, Tingkat Kepuasan Promotif Orang Tua Siswa Terhadap Program Al-Qur’an SD Muhammadiyah 5 Jakarta Masih Rendah.”
Copyrights © 2024