Nanggroe: Journal of Scholarly Service
Vol 2, No 10 (2024): Januari

Pemanfaatan Game sebagai Strategi Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris untuk Anak

Malabar, Fahria (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2024

Abstract

Pengenalan kosakata bahasa Inggris pada anak-anak merupakan langkah krusial dalam membangun dasar kompetensi berbahasa sejak dini. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk mengintegrasikan pendekatan inovatif menggunakan permainan (game) sebagai sarana efektif dalam proses pembelajaran kosakata bahasa Inggris. Metode ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan daya ingat anak-anak, tetapi juga untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif. Kegiatan pengabdian melibatkan kolaborasi antara pendidik dan komunitas lokal. Berbagai jenis game edukatif diterapkan untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris pada anak-anak usia sekolah dasar. Selain itu, pendekatan ini memperhatikan keberagaman gaya belajar anak-anak, sehingga setiap individu dapat mengembangkan potensinya dengan cara yang paling sesuai baginya. Selama implementasi kegiatan ini, pemantauan terhadap perkembangan kosakata bahasa Inggris anak-anak peserta kegiatan dilakukan. Hasil dari kegiatan ini memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan keterampilan berbahasa anak-anak dalam konteks globalisasi saat ini. Pemanfaatan game dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris bukan hanya sekadar metode belajar, tetapi juga merupakan langkah nyata dalam mendukung pengembangan potensi anak-anak melalui pendekatan yang inovatif dan menyenangkan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi pihak-pihak terkait untuk mengadopsi metode serupa dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat masyarakat.

Copyrights © 2024