Nanggroe: Journal of Scholarly Service
Vol 3, No 3 (2024): June

Pemanfaatan City Maps sebagai Media Interaktif dalam Pembelajaran Asking and Giving Direction bagi Siswa Sekolah Dasar

Malabar, Fahria (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa sekolah dasar tentang giving and asking direction atau memberikan dan menanyakan arah dengan menggunakan bahasa Inggris. Kegiatan ini berlokasi di lingkungan sekolah dasar di daerah pesisir pantai, tepatnya SD Negeri 2 Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango. Dalam kegiatan ini, metode pembelajaran yang digunakan adalah dengan memanfaatkan city maps atau peta kota sebagai media interaktif. Siswa diajak untuk mengeksplorasi peta kota dan belajar tentang berbagai landmark atau titik-titik penting di sekitar mereka. Melalui penggunaan maps, siswa akan belajar mengidentifikasi lokasi, menggunakan kata-kata dan frasa yang tepat dalam memberikan petunjuk arah, dan mengajukan pertanyaan tentang arah dengan menggunakan bahasa Inggris. Kegiatan ini juga akan melibatkan interaksi langsung antara siswa dan lingkungan sekitar mereka. Mereka akan diajak untuk bermain peran dan melakukan eksplorasi di sekitar sekolah serta berinteraksi dengan sesama teman sekelas dalam hal meminta dan memberi petunjuk arah dalam bahasa Inggris. Dengan memanfaatkan maps sebagai media interaktif, mereka belajar dengan cara yang lebih praktis dan terlibat langsung dalam situasi nyata. Selain itu, kegiatan ini juga membantu siswa mengembangkan kemampuan sosial, seperti berkomunikasi dengan orang lain dan bekerja dalam tim. Diharapkan melalui kegiatan ini, siswa SD Negeri 2 Kabila Bone dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang bahasa Inggris dan keterampilan mereka dalam memberikan dan menanyakan arah. Dengan demikian, pemanfaatan city maps sebagai media interaktif dalam pembelajaran giving and asking direction memiliki manfaat yang signifikan dalam memperkaya pengalaman belajar siswa dan meningkatkan kompetensi bahasa Inggris mereka.

Copyrights © 2024