Nanggroe: Journal of Scholarly Service
Vol 3, No 6 (2024): September

Pengembangan Keterampilan Berbahasa Inggris melalui Caption Teks Deskriptif untuk Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Anak SMP di Pesisir Teluk Tomini

Muziatun, Muziatun (Unknown)
Hasanuddin, Hasanuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2024

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan mengembangkan keterampilan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris melalui pembuatan caption teks deskriptif guna meningkatkan kesadaran lingkungan pada anak SMP di Kawasan Pesisir Teluk Tomini. Kegiatan ini telah memperkuat pemahaman lingkungan anak-anak melalui aktivitas berbahasa Inggris yang kreatif dan interaktif. Dengan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, anak-anak menjadi lebih peka terhadap isu-isu lingkungan di sekitar mereka. Metode pengajaran yang digunakan melibatkan pembuatan caption teks deskriptif sebagai sarana untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris sekaligus meningkatkan kesadaran lingkungan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pendekatan ini efektif dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dan kesadaran lingkungan pada siswa SMP. Siswa mampu menghasilkan caption teks deskriptif yang baik dan relevan dengan isu-isu lingkungan di kawasan pesisir mereka, serta menunjukkan peningkatan pemahaman dan kepedulian terhadap lingkungan. Kesimpulannya, pendekatan pengajaran ini berhasil mencapai tujuannya. 

Copyrights © 2024