Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Vol. 8 No. 4 (2023): EDISI OKTOBER

REPRESENTASI UMAT ISLAM DALAM MINISERI MS. MARVEL

Mujahidah, Fitra Kanza (Unknown)
Abdullah, Aceng (Unknown)
Mahameruaji, Jimi N (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2023

Abstract

Saat ini, seluruh lapisan Masyarakat terdorong dengan untuk mengakses hiburan-hiburan melalui smartphone. Salah satunya adalah layanan streaming. Banyak film-film yang kemudian ditayangkan salah satunya adalah Ms. Marvel, yaitu pahlawan super Muslim pertama dalam Marvel Cinematic Universe (MCU).  Meski mendapat respon positif, perlu diketahui bahwa umat islam selama beberapa decade telah di merepresentasikan komunitas arab dan umat islam sebagai teroris. Melalui latar belakang yang telah dijabarkan sebelumnya, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, mitos serta ideologi dari representasi umat Islam dalam miniseri Ms. Marvel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan penelitian semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukan secara denotasi Ms. Marvel menghadirkan gambaran mengenai umat Islam melalui adegan-adegan serta dialog-dialog para tokoh. Secara konotasi gambaran umat Islam diidentifikasi sebagai sesuatu yang dilakukan secara natural dalam kehidupan sehari-hari. Mitos-mitos gambaran umat Islam meliputi lima poin mitos dimana seluruhnya merupakan mitos-mitos yang bertolak belakang dengan gambaran umat Islam yang biasa ada dalam film-film Hollywood. Ideologi yang hadir meliputi ideologi feminisme dan ideologi pluralisme. Pada tayangan ini juga representasi umat Islam terbebas dari pembingkaian umum mengenai umat Islam yang biasanya ada dalam media Barat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Scope of the Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi covers communication management, mass media (TV, Radio, Newspapers), public relations, marketing communications, political communication, organizational communication, cultural communication, online media and ...