Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Vol. 9 No. 1 (2024): EDISI JANUARI

DUA WAJAH SELEBGRAM: ANALISIS DRAMATURGI GOFFMAN DALAM PENGELOLAAN AKUN INSTAGRAM

Putri, Rossy Chelsea (Unknown)
Nurhadi, Zikri (Unknown)
Mujianto, Haryadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2024

Abstract

Selebgram menjadi fenomena yang semakin umum di dunia media sosial saat ini. Sebagai figur publik yang populer di platform tersebut, selebgram sering kali membagi kehidupan mereka menjadi dua akun untuk menjaga keseimbangan antara kehidupan pribadi dan karier serta untuk melindungi privasi mereka. Para selebgram menyadari bahwa Instagram dapat mengubah citra diri seseorang sehingga dalam beberapa kasus, mereka memilih untuk membagikan cerita dan keluh kesahnya di akun Instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan panggung depan, panggung tengah dan panggung belakang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan teori Dramaturgi Goffman. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Panggung depan adalah akun utama atau publik yang digunakan untuk menjaga citra profesional dan berinteraksi dengan pengikut, sedangkan panggung tengah adalah akun pribadi yang menunjukkan sisi selebgram yang lebih autentik. Sementara itu, di belakang panggung adalah ruang privat yang tertutup untuk umum, tempat para selebgram menjaga privasi tertinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Scope of the Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi covers communication management, mass media (TV, Radio, Newspapers), public relations, marketing communications, political communication, organizational communication, cultural communication, online media and ...