Perkembangan teknologi, khususnya media sosial, telah membuka peluang baru dalam penyampaian informasi kepada publik. PT. Kereta Api Indonesia (Persero) memanfaatkan media sosial seperti Instagram untuk menyampaikan informasi mengenai destinasi, pengalaman pelanggan, promosi, dan diskon tiket. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis bagaimana akun instagram @keretaapikita dimanfaatkan oleh PT. KAI (Persero) untuk memenuhi kebutuhan informasi publik dengan strategi media sosial, berupa kolaborasi dan koneksi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian adalah akun Instagram @keretaapikita. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. KAI (Persero) telah sukses berkolaborasi dengan berbagai entitas, seperti influencer dan instansi pemerintah, untuk memanfaatkan @keretaapikita sebagai sumber informasi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan informasi mereka pasca pandemi Covid-19. Selain itu, @keretaapikita telah berhasil menciptakan komunitas online yang aktif dan terlibat. Hadirnya komunitas tersebut terlahir dari hasil proses koneksi yang terjadi antara @keretaapikita dengan penggunanya.
Copyrights © 2024