Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Vol. 9 No. 2 (2024): Edisi April

PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PUBLIK MELALUI KOLABORASI DAN KONEKSI @KERETAAPIKITA

Rasyid, Mohammad Ricky Ramadhan (Unknown)
Alamsyah, Ezy (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2024

Abstract

Perkembangan teknologi, khususnya media sosial, telah membuka peluang baru dalam penyampaian informasi kepada publik. PT. Kereta Api Indonesia (Persero) memanfaatkan media sosial seperti Instagram untuk menyampaikan informasi mengenai destinasi, pengalaman pelanggan, promosi, dan diskon tiket. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis bagaimana akun instagram @keretaapikita dimanfaatkan oleh PT. KAI (Persero) untuk memenuhi kebutuhan informasi publik dengan strategi media sosial, berupa kolaborasi dan koneksi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian adalah akun Instagram @keretaapikita. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. KAI (Persero) telah sukses berkolaborasi dengan berbagai entitas, seperti influencer dan instansi pemerintah, untuk memanfaatkan @keretaapikita sebagai sumber informasi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan informasi mereka pasca pandemi Covid-19. Selain itu, @keretaapikita telah berhasil menciptakan komunitas online yang aktif dan terlibat. Hadirnya komunitas tersebut terlahir dari hasil proses koneksi yang terjadi antara @keretaapikita dengan penggunanya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Scope of the Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi covers communication management, mass media (TV, Radio, Newspapers), public relations, marketing communications, political communication, organizational communication, cultural communication, online media and ...