Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Vol. 9 No. 3 (2024): EDISI JULI

KOMUNIKASI NONVERBAL DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF: STUDI KASUS DI SLB ABC MELATI AISYIAH DELI SERDANG

Nasution, Azmiar (Unknown)
Indra, Farhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Hidup berdampingan dengan anak tanpa kebutuhan khusus menjadi suatu tantangan bagi anak yang berkebutuhan khusus seperti tunarungu, sebab tunarungu adalah suatu permasalahan pada pendengaran yang bahkan sama sekali tidak bisa mendengar sehingga anak yang menderita tunarungu tidak dapat mengeluarkan kata pada saat ingin berkomunikas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk, hambatan, dan dampak komunikasi nonverbal yang diterapkan oleh pendidik pada anak tunarungu di SLB ABC Melati Aisyiah, Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi nonverbal sangat efektif bagi siswa tunarungu. Dengan penerapan komunikasi nonverbal, siswa tunarungu tidak hanya akan terus bergantung pada orang tua mereka, tetapi juga akan mampu berinteraksi dalam masyarakat sebagai individu yang mandiri. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa komunikasi nonverbal efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa tunarungu, meskipun terdapat hambatan emosional yang mempengaruhi interaksi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Scope of the Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi covers communication management, mass media (TV, Radio, Newspapers), public relations, marketing communications, political communication, organizational communication, cultural communication, online media and ...