Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Vol. 9 No. 3 (2024): EDISI JULI

ANALISIS MANAJEMEN KRISIS DALAM PUBLIC RELATIONS: KASUS PEMASANGAN KAMERA TERSEMBUNYI DI UIN ALAUDDIN MAKASSAR

Ersa, Lutfiah Firdausiah (Unknown)
Akbar, Muh. (Unknown)
Sultan, Moehammad Iqbal (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Penemuan kamera di toilet UIN alauddin Makassar tepatnya di Fakultas Syariah dan Hukum pada bulan Mei 2019 oleh seorang mahasiswi merupakan sebuah peristiwa yang mengguncang dan menimbulkan kekhawatiran di kalangan mahasiswa dan staf kampus. Bahkan hal ini menimbulkan krisis berupa hilangnya kepercayaan publik terhadap institusi pendidikan dengan labelling “Islam” karena dinilai tidak mampu menangangi hal tersbut. Maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi Public Relation pihak UIN Alauddin dalam menangani krisis yang terjadi. Metode  yang  digunakan  pada  penelitian  ini  adalah  metode  kualitatif dengan studi literatur. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kasus ini berdampak psikologis bagi pelaku, ketidakamanan, pelanggaran privasi, pelanggaran hukum, hingga kerugian emosional dan sosial. Adapun publik yang terdampak dikategorikan sebagai publik internal, publik eksternal, publik tersembunyi juga publik aktif, yang masing-masingnya diberikan tindakan agar krisis ini tidak semakin besar. Bentuk strategi Public Relation yang dilakukan mulai dari pelaporan pelaku kepada pihak yang berwajib, pemecatan tidak terhormat hingga mendorong didirikannya Unit Layanan Terpadu (ULT) Kejahatan Seksual di bawah naungan Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) meskipun ULT ini belum tersosialisasikan secara massif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Scope of the Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi covers communication management, mass media (TV, Radio, Newspapers), public relations, marketing communications, political communication, organizational communication, cultural communication, online media and ...